Ingin Membuat Rumah Sendiri? Lakukan Persiapan Berikut Ini

Setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Dihuni bersama keluarga kecilnya. Membangun rumah bisa menggunakan jasa kontraktor atau membangun sendiri. Jika ingin membuat rumah sendiri, tentunya ada banyak hal yang harus dipikirkan. Seperti mencari tukang bangunan, pembelian bahan bangunan, desain rumah dan masih banyak lainnya. Keuntungan membangun rumah sendiri, anda bisa berkreasi sendiri. Selain itu biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Tetapi sebelum membangun rumah sendiri, coba perhatikan hal berikut ini:

Estimasi, Gambaran dan Mentor

Membangun sebuah rumah tidak semudah yang dipikirkan, dibutuhkan keahlian khusus. Sebelum memulainya, anda harus memikirkan semuanya dengan sebaik mungkin. Hitung estimasi biaya yang harus dikeluarkan. Gambaran desain rumah dan carilah mentor yang membantu anda. Buatlah gambaran rumah di sebuah kertas, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kalau perlu carilah mentor yang sudah ahli dibidangnya. Kemudian tanyakan hal apa saja yang dibutuhkan dalam membangun rumah layak huni.

Izin Mendirikan Bangunan

Jangan pernah lupakan izin mendirikan bangunan. Izin legalitas ini sangat dibutuhkan, bila anda tidak ingin mengalami masalah nantinya. Izin ini diberikan oleh pemerintahan daerah kepada pemilik bangunan. Dengan adanya ijin ini, anda diijinkan untuk membangun, memperluas, mengubah merawat dan lainnya pada bangunan yang dimiliki. Cari tahu syarat yang dibutuhkan kemudian buat segera mungkin, sebelum proses pembangunan rumah di mulai.

Perencanaan dan Target Pembangunan

Saat membuat rumah, anda tidak boleh sembarangan. Harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Buatlah target pembangunan, supaya tujuan tercapai dan biaya yang dikeluarkan tidak banyak. buatlah target apa yang ingin anda buat, kemudian rencanakan prosesnya untuk mencapai target pembangunan. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Seperti apa kebutuhan anda? Kemampuan keuangan? Rencana utama, rencana cadangan dan masih banyak lainnya. Bila dana minim, anda bisa membuat jangka waktu Panjang. Jadi membangun rumah secara bertahap.

Perencanaan Keuangan

Tidak hanya perencanaan pembangunan yang harus dipikirkan, tetapi juga perencanaan keuangan. Buatlah perencanaan dengan sebaik mungkin. Buat sesuai kemampuan anda. Jangan paksakan membangun rumah yang tidak sesuai kemampuan. Sampai akhirnya harus berhutang banyak. jika hutang terlalu banyak, akan mempengaruhi keuangan anda di masa depan. Selanjutnya buat keuangan dengan detail. Berapa besar dana yang digunakan untuk konstruksi, pajak bangunan, furniture dan masih banyak lainnya.jangan lupa untuk menyiapkan dana tak terduga.

Lahan Bangunan

Membangun rumah tanpa sebuah lahan tentunya tidak akan tercapai. Pikirkan lokasi tanah dengan sebaik mungkin. Seperti letak lokasi tanah, luas tanah, harga tanah dan masih banyak lainya. Belilah tanah yang sesuai kemampuan. Selain itu pilih lokasi yang tidak rawan bencana. Misalnya di dekat tebing tinggi, rawan banjir dan masih banyak lainnya.

Tim Pembangunan Rumah

Selanjutnya pikirkan siapa yang akan membangun rumah. Tidak mungkin anda membangun rumah sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda membutuhkan tim profesional, supaya hasil bangunan lebih kokoh dan bagus. Pilihlah tukang bangunan yang berpengalaman. Bila dana anda minim, buatlah desain rumah sendiri. Tetapi bila memiliki dana cukup, sewalah jasa konstruksi profesional.

Memang ada banyak hal yang harus dipikirkan dalam membangun rumah. Bila tidak ada perencanaan yang matang, mungkin rumah tidak akan jadi 100%. Misalnya dana habis di tengah jalan, pemilihan bahan bangunan yang salah dan lainnya. Sebelum membuat rumah sendiri, pastikan untuk persiapkan mental anda. Jangan takut untuk meminta bantuan dan nasehat orang lain.

Deskripsi: membuat rumah sendiri dibutuhkan keberanian. Harus membuat perencanaan yang matang supaya rumah bisa jadi seutuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *